Minggu, 12 Agustus 2018

Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah by Tere Liye

Novel KAU, AKU, DAN Sepucuk Angpau Merah


USIA enam tahun, aku suka memikirkan hal-hal aneh. Salah satunya aku pernah sibuk memikirkan: Jika kita buang air besar di hulu Kapuas, kira-kira butuh berapa hari kotoran itu akan tiba di muara sungai, melintas di depan rumah papan kami?
”Kau ada-ada saja, Borno. Urusan kotoran saja kaulamunkan.” Bapak bukannya menjawab, malah tergelak, sibuk membereskan jarring Aku mengeluarkan nada kecewa, pindah bertanya pada Ibu.
”Borno, jangan tanya macam-macam! Melihat tingkah kau satu macam saja Ibu sudah pusing.” Ibu melotot, tangannya terus memilah-milah ikan hasil tangkapan semalam, menyuruhku bergegas mengantar pesanan. Jadilah, sebelum Ibu meneriakiku dua kali, aku berdiri membawa tampuk tali rotan yang ikannya kait-mengait seperti setangkai buah rambai. Tiba di rumah Koh Acong pemilik toko kelontong yang menghadap persis Sungai Kapuas, pemesan ikan pertama pagi in aku bertanya sambil menjulurkan setampuk ikan segar.

Baca juga



”Koh, berapa panjang Kapuas?”
”Mana aku tahu.” Koh Acong yang sedang repot melayani nelayan yang berbelanja keperluan rumah setelah pulang melaut tidak memedulikanku.
”Koh pernah ke hulu Kapuas?” aku mendesak.
”Haiya, kau tidak lihat aku sibuk? Berapa liter gulanya? Satu setengah? Kau jadi ambil karung goni berapa? Tiga? Ah iya, semuanya jadi 149.650 perak.” Koh Acong menceracau rincian belanja dan harga. Soal berhitung cepat, mencongak, tak ada yang mengalahkan Koh Acong. Kalkulator besar milik pedagang di perempatan kota saja kalah cepat. Misalnya kalian bawa selembar kertas belanjaan, jangan yang mudah, bawa saja yang rumit sekalian: tiga perempat bungkus kopi, satu tujuh perdua liter minyak tanah, enam perdelapan liter gula, setengah botol spiritus, dua kotak korek api, sepuluh liter beras.

Detail Buku:­­

Judul         : Kau, Aku &Sepucuk Angpau Merah
Penulis      : Tere Liye
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN         : 978 - 979 - 22 - 7913 - 9
Tebal         : 512 hlm

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah “, karya terbaru Tere Liye . Untuk mendownload novel  “ Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah “ karya Tere Liye silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “ Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar