Qin and Han Dynasty: Catatan Kisah Sejarah Dua Dinasti

Qin and Han Dynasty: Catatan Kisah Sejarah Dua Dinasti

Pertempuran Sao Liang

Pada masa-masa akhir dari Dinasti Zhou Timur, tercatatlah 7 negara bagian dalam sejarah China yang masing-masing dipimpin oleh seorang penguasa yang biasanya dinobatkan dengan gelar adipati (duke). Masa ini dikenal dengan sebutan Warring States Period, 475 BC–221 BC. Tujuh negara bagian ini masing-masing adalah Negara Wei, Chu, Qi, Yan, Han, Zhao, dan Qin. Dalam periode ini setiap negara bagian saling serang untuk memperluas wilayah kekuasaannya. Di antara 7 negara bagian ini, Negara Wei termasuk negara bagian yang paling kuat—Raja Hui (370 BC–319 BC) dari Negara Wei tidak lagi menggunakan gelar adipati (duke) melainkan gelar raja (king). Tanah wilayah Negara Wei sangatlah subur dan perekonomiannya juga sangat maju apabila dibandingkan dengan negara bagian lainnya. Selain itu, Negara Wei juga memiliki armada perang paling besar, yakni sebanyak 400.000 prajurit. Negara Wei tampil sebagai negara adidaya pada masa itu, dan sering menyerang negara-negara bagian lainnya, terutama Negara Qin.

Baca juga


Setelah mengetahui Gongshu Cuo telah ditawan oleh pihak lawan, Gongzi Ang, adik Raja Hui, mengajukan diri untuk mengisi posisi panglima perang yang kosong tersebut untuk menjaga semangat tempur para prajurit. Setelah Negara Qin berhasil menawan panglima utama pihak lawan, Adipati Xian punya keinginan untuk langsung menyerbu perkemahan militer pasukan Wei. Namun, putra bungsunya tidak sependapat dan berkata, ”Menurut saya sekarang sebaiknya kita mundur dulu karena persediaan pangan dalam perkemahan sudah menipis.” Lanjut Pangeran Qiuliang, ”Selain itu, para prajurit juga terlalu letih sehingga mereka perlu waktu untuk istirahat agar kondisi fisik mereka pulih.” Namun, Pangeran Qian, putra sulung Adipati Xian, sebagai Panglima Utama Angkatan Perang Negara Qin, tidak sependapat dengan adiknya. ”Mana mungkin saat ini memerintahkan para pasukan untuk mundur, terutama setelah pihak kita berhasil menangkap Gongshu Cuo?” Biarpun dirinya hanyalah salah satu panglima dengan pangkat yang tidak terlalu tinggi,

Detail Buku:

Penulis      : Halim Ivan
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN         :
 978–979–22–9093–6
Tebal         :
464 hlm

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Qin and Han Dynasty: Catatan Kisah Sejarah Dua Dinasti “, karya terbaru Halim Ivan. Untuk mendownload novel  “  Qin and Han Dynasty: Catatan Kisah Sejarah Dua Dinasti “ karya Halim Ivan silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Qin and Han Dynasty: Catatan Kisah Sejarah Dua Dinasti “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar