Arkeologi Sejarah - Pemikiran Arab Islam: Volume 3 by Adonis


Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 by Adonis

Modernitas yang muncul saat ini, menurut Adonis, merupakan perpanjangan dari apa yang disebut sebagai tahawwul (perubahan), dan perubahan muncul dari asumsi adanya kekurangan atau tidak adanya pengetahuan di masa lampau. Kekurangan atau ketiadaan ini mungkin bisa diganti dengan mengambil sesuatu untuk pemikiran atau pengetahuan tertentu dari bahasa asing ini atau itu, namun mungkin juga ia bisa dijawab dengan melakukan upaya kreativitas. Dengan demikian, modernitas adalah menyatakan sesuatu yang belum diketahui oleh tradisi kita, atau mengungkapkan sesuatu yang tidak diketahui dari satu sisi, dan menerima ketidakberhinggaan pengetahuan di sisi yang lain.

Baca Juga



Pada buku ketiga ini Adonis berusaha menampilkan kembali seluruh problematika di atas dengan cara memaparkan pandangan- pandangan para pemikir dan ilmuan Arab melalui para juru bicara- nya. Di sini, Adonis memilih beberapa tokoh yang dianggap represen- tatif mewakili kegelisahan masyarakat Arab-Islam dalam menghadapi modernitas, baik suara dari pihak yang menghendaki kemapanan maupun yang menghendaki perubahan-kreativitas. Pada bagian awal Adonis menampilkan empat tokoh-ilmuan yang mewakili kedua ke- cenderungan tersebut, khususnya pada era pertengahan. Mereka adalah Al-Qadhi Abd al-Jabbar, al-Imam al-Ghazali, al-Farabi, dan Ibn Taimiyah.

Detail Buku:

Penulis: Adonis
Alih Bahasa: Khairon Nahdiyyin
Penerbit: LKis, 2012
ISBN: 978979128378-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 313 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 “, karya terbaru Adonis. Untuk mendownload novel    Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 “ karya Adonis silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar