Ilmu Yang Bermanfaat Dunia Akhirat by Imam Al-Ghazali

Ilmu Yang Bermanfaat Dunia Akhirat by Imam Al-Ghazali

Salah satu hal yang sangat ditakuti oleh Rasulallah adalah ilmu yang tidak bermanfaat. Untuk manusia sekelas Rasulallah pun, memohon kepada Allah supaya dijauhi dari ilmu yang tidak bermanfaat. Jika makhluk termulia seperti Rasulallah meminta perlindungan, ini menunjukan “warning” supaya umatnya berhati-hati, jangan sampai ilmu yang dimiliki tidak memiliki manfaat.
“Warning” dari Rasulullah ini semestinya mendorong kita untuk intropeksi diri, apakah ilmu yang kita cari berpuluh tahun dengan hasil sebuah gelar yang mengapit nama kita sudah memiliki manfaat? Barang kali kita sudah berbangga dengan gelar, dengan pengetahuan dan skill yang kita miliki, tetapi sesungguhnya sedikitpun tidak memiliki manfaat. Pertanyaan muncul, ilmu yang bermanfaat itu seperti apa?

Baca juga



Hujjatul Islam Imam al-Gozali adalah seorang ulama yang sangat baik dalam menjelaskan hakikat ilmu yang bermanafaat ini. Hal ini bisa kita lihat dari kitab-kitab beliau yang populer seperti Ihya Ulumuddin, Bidayatul Hidayah, Ayyuhal Walad dan lainnya. Beliau mengungkapkannya secara eksplisit dalam bidayatul hidayah: “ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yang bisa menambah dalam ketakutanmu kepada Allah ta'ala, bisa menambah pengetahuan batinmu tentang cacatnya dirimu, bisa menambah ma'rifatmu dalam beribadah kepada Tuhanmu, bisa mengurangi rasa cintamu terhadap dunia, dan menambah rasa cinta terhadap akherat, bisa membuka mata hatimu untuk melihat bahaya-bahayanya amal-amalmu sehingga engkau bisa menjaga dari bahaya tersebut, bisa memperlihatkanmu terhadap tipu daya setan, bisa memperlihatkanmu caranya menyamarkannya setan terhadap ulama' su' (ulama' Jelek) yg menjadikan mereka mendapatkan Murka Allah ta'ala.

Detail Buku:

Penulis: Imam Al-Ghazali
Penerbit: Qudsi Media, 2005
ISBN: 979-99860-0-1
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 84 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Ilmu Yang Bermanfaat Dunia Akhirat “, karya terbaru Imam Al-Ghazali. Untuk mendownload novel    Ilmu Yang Bermanfaat Dunia Akhirat “ karya Imam Al-Ghazali silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Ilmu Yang Bermanfaat Dunia Akhirat “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar