Sumber Kecerdasan Manusia by P. Ratu Ile Tokan

Sumber Kecerdasan Manusia  by P. Ratu Ile Tokan

Ciri manusia yang memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ)dan kecerdasan spiritual (SQ) adalah manusia yang memiliki karakter berikut ini, yakni; berilmu, terampil, potensial, selalu optimis, fleksibel, empati, penuh antusias, selalu memiliki inisiatif, pemaaf, ramah dan bermurah hati, percaya diri, adaptif, inovatif, berlaku adil, jujur, selalu menebar cinta kasih, kapabel, kredibel, moderat, disiplin pribadi yang tinggi, berorientasi melayani, selalu bersyukur, mengutamakan kedamaian, responsif, berdedikasi tinggi, selalu berpikir positif, integritas tinggi, kolaboratif, kooperatif, bijaksana, menghargai waktu, kerja cerdas, menghargai keberagaman, toleran, mencintai kedamaian, mencintai alam/lingkungan, beriman dan taqwa, berakhlak mulia, peka terhadap suara hati/suara jiwa, kompetitif, selalu bergairah, berambisi yang sehat, dan lainnya.

Baca juga



Saya meyakini bahwa, upaya membangun manusia yang berkarakter seperti di atas tidaklah sederhana walaupun didukung oleh tenaga profesional dengan berbagai fasilitas moderen serta situasi dan iklim kerja yang penuh damai. Walau demikian, kita telah memiliki sebuah kepastian bahwa dunia pendidikan atau sekolah menjadi pilihan paling strategis dalam arti, disana ada rekayasa formal untuk membangun karakter manusia secara masif. Kedamaian dalam diri (inner peace) dan keikhlasan hati dari para guru profesional yang berdedikasi dalam membangun karakter manusia di sekolah sejatinya harus menyadari bahwa, membangun manusia supaya memiliki berbagai kecerdasan secara seimbang adalah tugas mulia yang membahagiakan. manusia yang memiliki berbagai kecerdasan secara seimbang adalah manusia yang benar-benar memiliki kebahagiaan jiwa (a hapyness soul) dan hal inilah yang harus menjadi out come pembelajaran.

Detail Buku:

Penerbit: Grasindo, 2016
ISBN: 978-602-375-659-9
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 258 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Sumber Kecerdasan Manusia “, karya terbaru P. Ratu Ile Tokan. Untuk mendownload novel    Sumber Kecerdasan Manusia “ karya P. Ratu Ile Tokan silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Sumber Kecerdasan Manusia “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar