Celeng Satu Celeng Semua by Triyanto Triwikromo

Celeng Satu Celeng Semua by Triyanto Triwikromo

Dalam cerpen Celeng Satu Celeng Semua, Triyanto Triwikromo tak hanya melakukan terobosan atas batasan dimensi waktu sebagaimana terpapar di atas. Ia juga membuat dimensi ruang terlampaui. Maka, sejarah sebagai representasi peristiwa dalam ruang dan waktu mengalami destabilisasi dalam kumpulan cerpen ini. Triyanto mengubah jalan cerita dari fakta-fakta, mementahkannya menjadi kemungkinan-kemungkinan atau, mungkin, memurnikan ”fakta- fakta” tersebut kembali ke hakikatnya sebagai cerita-cerita, dan dengan demikian, membebaskannya dari kutukan masa lalu yang memerangkapnya menjadi ”fakta”.

Baca juga


Pengarang juga memindahkan tokoh-tokoh dari satu masa dan satu tempat ke masa-masa dan tempat-tempat berbeda dalam cerpen-cerpen berbeda. Manusia, sebagai suatu massa padat yang gerak serta hidupnya berlangsung dalam dimensi ruang dan waktu tertentu, menjadi ”zat” yang bebas, omnipresent, walaupun tidak omnipotent. Ia bisa berada di mana-mana, berpartisipasi dalam banyak cerita yang terjadi di luar waktu dan di luar tempat mereka hadir sebagai makhluk hidup, dan menjadi tokoh-tokoh cerita yang punya kehidupan jauh lebih kaya dan semarak.

Detail Buku:

Alih Bahasa: Ny. Suwarni A.S.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2013
ISBN: 978-979-22-9442-2
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 166 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Celeng Satu Celeng Semua “, karya terbaru Triyanto Triwikromo. Untuk mendownload novel    Celeng Satu Celeng Semua “ karya Triyanto Triwikromo silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Celeng Satu Celeng Semua “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar