Rabu, 03 April 2019

Catatan Pinggir 1 by Goenawan Mohamad


Catatan Pinggir 1

Rubrik "Catatan Pinggir" sebagai semacam komentar, tapi juga semacam gumam, seperti kalau kita berbicara sendiri atau mencoret-coretkan kalimat di kertas kosong di tengah suara orang ramai. Atau semacam marginalia : catatan-catatan yang kita torehkan di tepi halaman buku yang sedang kita baca. Dari situlah nama "Catatan Pinggir" sebenarnya ditemukan : percikan pikiran pendek dan cepat di antara lalu lintas ide dan peristiwa-peristiwa. GM memilih model tulisan esai karena ingin mengajak orang berpikir. Tulisan esai diperkenalkan oleh Michel de Montagne pada abad 15. Montagne berpendapat sebenarnya yang kita ketahui tidak banyak bahkan tidak ada. Sehingga, ia mempergunakan esai sebagai percobaan untuk mengajak orang berpikir untuk mendapatkan kejernihan dari kekalutan masalah.

Baca juga:


Dalam Caping, GM sering mengutip sejumlah buku. Pengutipan ini bukan untuk gagah-gagahan. Namun, karena waktu Caping awal dibuat pada zaman Soeharto, tidak banyak buku bagus masuk ke Indonesia. Saat itu, buku yang dijual toko buku kebanyakan buku-buku ringan seperti buku rajah tangan. Dalam Caping 1 ini, banyak pelajaran yang dapat dipetik, meski itu hanya sebuah coret-coretan dari GM. Bab demi bab mengandung makna yang kuat sesuai dengan hubungan yang berkaitan dengan bab tersebut. Kita tidak perlu berurut untuk membacanya. Cukup memilih, topik apa yang kita ingin baca dari bab-bab yang ada di Caping tersebut.

Detail Buku:

Penerbit: Tempo, 2012
ISBN: 978-979-9065-51-3
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 1002 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Catatan Pinggir 1“, karya terbaru Goenawan Mohamad. Untuk mendownload novel  “ Catatan Pinggir 1“ karya Goenawan Mohamad silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “ Catatan Pinggir 1“, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar