Dialog Mazhab debat terbuka Ulama Sunnah-Syiah Penulis Muqatil bin Athiyyah al-Bakri

Dialog Mazhab by Muqatil bin Athiyyah al-Bakri

Buku ini walaupun kecil bentuknya, ringan timbangannya, dan sedikit halamannya, isinya penuh dengan hal-hal yang sangat penting mengenai perbincangan antara seorang alim, Syarif Alawi (Syi`i) den- gan seorang alim Qurasyi Abbasi (Sunni), di hadapan Sultan Malik Syah Saljuqi di Bagdad dengan disaksi- kan oleh wazirnya, seorang sejarawan kritis, Abu Ali al-Hasan al-Khurasani yang wafat pada tahun 485 H, pendiri Madrasah al-Nidzamiyah di negeri itu, dan pada akhirnya kemenangan bagi al-Alawi.
Demi hidupku, sekiranya anak-anak Ahlus Sunnah wal Jama’ah dan pemuka-pemuka mereka mau memperhatikan bahasan ini dengan kesadaran, mereka pasti mendapatinya sebagal obat bagi si sakit dan kepuasan bagi yang haus.

Baca juga


Hendaklah diketahui bahwa Muqatil adalah nama sekelompok ulama, di antaranya Muqatil bin Khissan al-Nabthi al-Balkhi, Muqatil bin Basyir al-`Ajali al-Kufi, seorang perawi dari Syuraih bin Hani, dan Muqatil bin Sulaiman al-Azadi al-Khurasani, seorang ahli tafsir terkenal yang wafat pada tahun 150 H, di Basrah. Pendapat dan ucapan-ucapan Muqatil disebutkan da- lam kitab-kitab tafsir, dan ia pun lebih dikenal dengan nama ini sehingga jika orang memanggilnya, ia akan menoleh.
Penyusun buku ini bukanlah mereka. Namun, seorang sejarawan besar yang terpercaya dan seorang analis yang kritis, Abu al-Haija’ Syibli al-Daulah Muqatil bin Athiyah bin Muqatil al-Bakri, itulah nasabnya. Ia bermazhab Hanafi.

Detail Buku:

Penerbit: Marja, 2001
ISBN: 979-9482-01-1
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 88 halaman

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Dialog Mazhab “, karya terbaru Muqatil bin Athiyyah al-Bakri. Untuk mendownload novel    Dialog Mazhab “ karya Muqatil bin Athiyyah al-Bakri silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Dialog Mazhab “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar