Jumat, 13 Juli 2018

Suluk Abdul Jalil: Perjalanan Ruhani Syaikh Siti Jenar by Agus Sunyoto

Novel Suluk Abdul Jalil: perjalanan ruhani Syaikh Siti Jenar (Book, #2)

Sinopsis :

Sedetik sesudah itu, ia mendengar gema suara,
 “ Engkau adalah hijab bagi dirimu sendiri, o Abdul Jalil, keluarlah engkau darinya!”
Abdul Jalil tersentak heran dan binggung. Dalam keheranan dan kebingungan itu tiba-tiba  di hadapannya tersingkap bagaikan tirai disibakkan. Hatinya seolah dengan paksa digerakkan untuk melihat ke balik cakrawala yang terpampang di hadapannya. Tanpa daya, pandangannya terpaku pada sosok gemilang yang duduk dengan keagungan dan kemuliaannya. Sosok itu sangat nyata dalam pandangan mata batinnya (‘ain al-bashîrah).

Baca juga

Sosok gemilang serba putih itu tak kalah menakjubkan dibanding penampakan pemuda asing yang dijumpainya di Baitullah. Sosok itu tidak hidup, tidak pula mati. Tidak berkata-kata, juga tidak diam. Sederhana, namun rumit. Diliputi, namun juga meliputi. Memancarkan, namun juga mengisap pesona. Dia ibarat setetes air yang di dalamnya memuat tujuh gurun. Selembar daun yang memuat tujuh rimba raya. Sebongkah batu yang memuat tujuh benua dengan gunung-gunungnya yang tinggi mencakar langit. Dia, sosok gemilang, keberadaannya begitu menakjubkan hingga tidak bisa diungkapkan secara utuh dengan bahasa manusia.
Abdul Jalil menjawab,
Saya tidak mengikuti seseorang dan tidak pula mengikuti akal karena tidak ada daya dan kekuatan pada diri saya untuk mengikuti sesuatu kecuali pasrah dan mengikuti daya serta kekuatan-Nya.”
“Engkau adalah fakir yang tidak memiliki apa-apa. Engkau telah membersihkan segala kepemilikan dari jiwamu. Namun, engkau masih terbelenggu oleh akalmu, yakni sisa terakhir milik kemanusiaanmu. Karena itu, o fakir, tanggalkanlah akalmu. Sebab, dengan akal (‘aql) yang membelenggu (‘iql) maka engkau tidak akan mengenal wajah-Nya.”

Detail Buku:

Judul         : Suluk Abdul Jalil : Perjalanan Ruhani Syaikh Siti Jenar Buku II
Penulis      : Agus Sunyoto
Penerbit     : Pustaka Sastra LKiS Yogyakarta
ISBN         : 979-3381-17-5
Tebal         : 344 hlm

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Suluk Abdul Jalil “, karya terbaru Agus Sunyoto. Untuk mendownload novel  “ Suluk Abdul Jalil “ karya Agus Sunyoto silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “ Suluk Abdul Jalil “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar