Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi

Ranah 3 Warna

Aden duduk di sebelah atas ya. Dan seperti biasa, aden pasti menang!” teriak Randai pongah, sambil memanjat ke puncak batu hitam yang kami duduki. Batu sebesar gajah ini menjorok ke Danau Maninjau, dinaungi sebatang pohon kelapa yang melengkung seperti busur. ”Jan gadang ota. Jangan bicara besar dulu. Ayo buktikan siapa yang paling banyak dapat ikan,” sahutku sengit. Aku duduk di bagian batu yang landai sambil menjuntaikan kaki ke dalam air danau yang jernih. Sekeluarga besar ikan supareh seukuran kelingking tampak berkelebat lincah, kerlap-kerlip keperakan. Dengan takut-takut mereka mulai menggigiti selasela jari kakiku. Geli-geli. Hampir serentak, tangan kami mengayun joran ke air yang biru. Bukan supareh yang kami incar, tapi ikan yang lebih besar seperti gariang atau kailan panjang. Randai sedang libur panjang dari ITB dan aku baru tamat dari Pondok Madani di Ponorogo. Ini saat menikmati kembali suasana kampung kami: langit bersih terang, Bukit Barisan menghijau segar, air Danau Maninjau yang biru pekat, dan angin danau yang lembut mengelus ubun-ubun.Waktu yang cocok untuk lomba mamapeh atau memancing, persis seperti masa kecil kami dulu. ”Dapat lagi... dapat lagi!” teriak Randai sambil melonjaklonjak.

Baca juga


”Eh, Alif, jadi setelah tamat pesantren ini, wa’ang  masih tertarik jadi seperti Habibie?” tanya Randai sambil menepuknepuk betisnya yang dirubung agas. Ini dia. Aku tahu betul pertanyaan ini pasti akan muncul juga dari mulut Randai. Langsung menikam perasaanku. Aku menjawab pendek dengan nada yang naik beberapa oktaf, ”Tentulah. Aden akan segera kuliah. Kalau aden berusaha, ya bisa.” Randai hanya melirikku sambil tersenyum timpang seperti tidak yakin. Bola matanya berputar malas. Lagaknya selalu kurang ajar. Aku merasakan pangkal gerahamku beradu kuat. Ujung joran aku genggam erat-erat. Tiba-tiba aku patah semangat untuk terus memancing hari ini. Mataku memandang jauh ke awan-awan yang menggantung rendah di pinggang bukit yang melingkari danau. Pikiranku melayang kembali ketika aku dan teman-temanku di PM dulu suka melihat awan dan punya impian tinggi. Waktu itu impianku adalah menjadi seperti Habibie dan belajar sampai ke Amerika. Tapi lihatlah aku hari ini. Memancing seekor ikan danau pun tidak bisa.

Detail Buku:

Judul         : Ranah 3 Warna
Penulis      : Ahmad Fuadi
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN         :
 978–979–22–6325–1
Tebal         :
-

Itulah sekelumit sinospis yang diangkat dalam novel “ Ranah 3 Warna “, karya terbaru Ahmad Fuadi. Untuk mendownload novel  “  Ranah 3 Warna “ karya Ahmad Fuadi silahkan klik di sini.

Terima kasih telah membaca “  Ranah 3 Warna “, untuk ebook, buku, novel dan karya menarik yang lainnya, silahkan kunjungi di sini
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar